Rabu, 02 Januari 2013 | By: kurniawan

Cara Mudah Belajar Komputer untuk Anak

          
          Judul buku       : Panduan Praktik Komputer untuk Anak
          Pengarang       : Henny EW dan Elyanawaty
          Penerbit           : Mediantara
          Cetakan           : 2010
          Tebal buku       : 128  halaman

Komputer merupakan suatu hal yang tidak asing bagi kita semua. Bermain, belajar bahkan mengerjakan pekerjaan sekolahpun juga bisa kita lakukan dengan komputer. Hal ini tentu seiring dengan berkembangnya teknologi seakan komputer menjadi barang yang wajib kita kuasai di masa kini.  Komputer tidak hanya digunakan dikalangan orang dewasa, tetapi dikalangan anak-anak perlu juga dikenalkan pula pada teknologi yang satu ini. Maka dari itu pengarang membuat buku yang isinya tentang belajar menggunakan komputer khusunya bagi anak-anak.

Dalam buku ini berisi panduan praktik dalam belajar komputer bagi anak-anak. Selain itu diberikan pula tuntunan belajar komputer tahap demi tahap yaitu dengan membagi ke dalam 8 bab. Pembaca akan mendapatkan penjelasan tentang definisi serta bagian-bagian komputer pada bagian awal. Di bagian selanjutnya akan dijelaskan pula mengenai sistem operasi yaitu mengenai perangkat lunak agar komputer dapat dioperasikan serta program-progam dalam komputer. Di dalam buku ini kita akan dapat mendapat panduan belajar mengenai program  Microsoft Office Word serta Excel yaitu program pengolah data dan angka. Berkaitan dengan semakin berkembangnya teknologi informasi., buku ini juga mengajak anak-anak mengenal internet serta mengoperasikannya yaitu dari mulai membuka situs  hingga menggunakan fasilitasnya. Fasilitas yang dipelajari yaitu antara lain email serta search engine atau mesin pencari. Dalam menjelajahi internet kita tentunya harus mengetahui alamat-alamat situs yang menarik salah satunya facebook yang dikupas di bagian akhir buku ini.

Buku ini berbeda dengan buku lain, kebanyakan buku-buku lain ditujukan pada kalangan umum sehingga menggunakan bahasa yang tinggi. Namun buku ini di buat karena untuk memfasilitasi anak-anak yang ingin belajar praktik menggunakan komputer.  Dilihat dari sampulnya yang berwarna cerah dengan animasi yang mewakili anak tentu menjadi keunggulan lain dari buku ini. Bagian dalam  di cetak berwarna dengan dilengkapi gambar-gambar pendukung serta kombinasi background yang menarik. Dilihat dari segi penulisaan serta ejaannya , buku ini menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah dicerna dan dipahami anak-anak. Selain itu ukuran font-nya juga tidak terlalu kecil sehingga membuat anak tidak mudah bosan ketika membaca buku ini.

Namun buku ini memiliki beberapa kelemahan yaitu terdapat pada isi materi yang disajikan  terutama mengenai facebook. Hal ini beralasan karena dirasa anak-anak dianggap belum waktunya memakai situs pertemanan ini. Karena pada dasarnya facebook diperuntukkan untuk kalangan remaja dan dewasa.

Perlu diperhatikan pula  yaitu alangkah baiknya dalam menggunakan buku ini agar selalu didampingi oleh orangtua atau orang dewasa. Penggunaan pendamping amat diperlukan agar  proses pembelajaran dapat berjalan lancar dan meminimalisasi  kesalahan  yang mungkin terjadi. Selain itu, fungsi pendamping  yaitu sebagai pengawas terutama saat menjelajah internet agar nantinya tidak membuka situs-situs yang tidak diinginkan.

2 Komentar:

Walidin mengatakan...

Selain facebook sepertinya search engine juga belum saatnya untuk dipelajari bagi anak anak, ini melihat dari covernya, yang mana ilustrasinya masih sangat di bawah umur

Sewa Laptop mengatakan...

Nice Info Jangan Lupa Kunjungi Blog Kami http://servislaptopdisurabaya.blogspot.co.id/

Posting Komentar