Kamis, 03 Januari 2013 | By: kurniawan

Senangnya Belajar Bahasa Indonesia


Judul buku      : Belajar Bahasa Indonesia Itu Menyenangkan untuk Kelas 6
Pengarang       : Ismail Kusmayadi,Nandang R. Pamungkas,Ahmad Supena
Penerbit          : Depdiknas
Catakan          : 2009
Tebal buku       : 114 halaman
Ukuran            : 17,6 x 25 cm


Setiap kegiatan yang kita lakukan pasti tidak akan terlepas dari yang namanya bahasa karena bahasa merupakan alat komunikasi . Dengan bahasa, kita dapat mengerti apa yang diinginkan oleh orang lain. Perlu kita ketahui bahwa bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku yang tentunya tiap-tiap suku memiliki budaya yang berbeda-beda yang tentunya akan melahirkan bahasa yang berbeda pula. Namun, kita tak perlu khawatir karena bangsa kita memiliki bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional yang dapat mempersatukan Indonesia. 

 Dalam buku ini, siswa kelas 6 SD akan diajak berlatih mendengarkan. Selain itu, lewat buku ini kita dapat berlatih berbicara, berlatih membaca, dan berlatih menulis.Buku ini terdiri dari 9 Bab dan pada bagian semester 1 kita akan mempelajari seperti: Mengenali Unsur Cerita yang Dibacakan, Mencatat Informasi yang Didengarkan, Mengisi Formulir, Menulis Ringkasan Bacaan, Menyusun Percakapan, Menjelaskan Hasil Pengamatan, dll. Pada semester 2, hal-hal yang akan diperlajari seperti: Menyusun dan menyampaikan Naskah Sambutan, Menyimpulkan Berita Televisi, Memahami Unsur dan menceritakan isi Drama, Menulis Surat Resmi, dll. Pada setiap akhir bab dan akhir semester pada buku ini juga dilengkapi dengan soal evaluasi.

Buku ini berbeda dengan buku lainnya karena penulisan isi tidak mengandung terlalu banyak materi dan teori. Walaupun begitu, materi tetap ada hanya llebih banyak disampaikan ke dalam bentuk cerita seputar kehidupan sehari-hari. Dengan adanya hal tersebut, siswa akan lebih mudah memahami serta menerapkan langsung  dalam kehidupan.
Namun, buku tersebut juga memiliki beberapa kelemahan seperti. Penggunaan ilustrasi kartun masih banyak ditemukan. Pada buku pelajaran SD tingkat sebaiknya mulai diperbanyak gambar sifatnya nyata dan sesuai dengan kenyataan. Selain itu, bagian halaman isi buku yang belum kaya warna mungkin mengurangi kemenarikan dari sebuah buku.

Walaupun begitu, buku ini dapat dijadikan para pembaca khususnya siswa kelas 6 SD sebagai buku pegangan saat pelajaran. Apalagi buku ini merupakan bagian dari program buku sekolah elektronik yang diterbitkan oleh pemerintah untuk menyedikan sarana belajar yang murah dan gratis, tetapi tetap berisi.  Untuk memperolehnya para pembaca dapat mencarinya di website kemdikbud atau langsung mencarinya di mesin pencari google yang tentunya dapat di download dan nikmati secara gratis.

0 Komentar:

Posting Komentar