Sabtu, 12 Januari 2013 | By: kurniawan

Mengajari Anak Membaca

Oleh: Kurniawan Dwi A


   Membaca merupakan kegiatan memperoleh informasi melalui media tulis dengan indra penglihatan sebagai perantara. Dengan membaca kita dapat membuka cakrawala pengetahuan kita. Kegiatan membaca perlu dikenalkan dan diajarkan oelh orang tua sejak dini. Namun, agar anak dapat membaca dengan baik dan lancar, perlu usaha keras dan langkah-langkah yang tepat dalam mengajarkan anak membaca. Langkah-langkah mengajari anak membaca adalah sebagai berikut:

1. Kenalkan terlebih dahulu anak dengan huruf vokal, yaitu: a, I, u, e, o. Hafalkan huruf-huruf tersebut serta ucapkan secara tepat.

2. Setelah hafal dengan huruf vokal, kenalkan anak dengan huruf konsunan. Hafalkan huruf konsunan serta ucapkan secara tepat.
3. Guru atau orang tua dapat menggunakan media seperti buku atau video tentang menghafal huruf-huruf abjad. Contoh:


   

4. Setelah hafal  huruf abjad beserta urutannya, mulai mengejarkan membaca dengan menggabungkan dua huruf yaitu vokal dan konsunan kemudian gabungan dua huruf vokal (ai, au, oi), Contoh:
Latihan membaca gabungan huruf vokal dan konsunan

Latihan membaca gabungan huruf vokal
    
5. Setelah bisa, baru membaca satu kata dan kemudian satu kalimat hingga akhirnya bisa membaca satu teks cerita atau bacaan. Contoh:
Latihan membaca kata dilanjutkan membaca kalimat
  
6. Perlu diperhatikan bahwa guru atau orangtua dalam membimbing  membaca sebisa mungkin memberikan  bacaan atau cerita-cerita anak yang bergambar. Selain itu, guru atau orangtua mengawasi cara membaca agar siswa tidak merasa jenuh ketika membacanya. Berikan dorongan agar siswa rajin membaca.

0 Komentar:

Posting Komentar