Rabu, 02 Januari 2013 | By: kurniawan

Prinsip, Teknik dan Prosedur Evaluasi Pembelajaran



Judul buku     : Evaluasi Pembelajaran
Pengarang     : Drs. Zainal Arifin, M.Pd.
Penerbit         : PT Remaja Rosdakarya Bandung
Cetakan         : Maret 2012
Tebal             : 312 halaman

Salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh guru adalah evaluasi  pembelajaran. Kompetensi ini sejalan dengan tugas dan tanggung jawab guru dalam pembelajaran, yaitu mengevaluasi pembelajaran termasuk di dalamnya  melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar. Kompetensi tersebut  sejalan pula dengan instrument penilaian guru, yang salah satu indikatornya evaluasi pembelajaran.  Maka dari itu, kemampuan melakukan evaluasi pembelajaran  merupakan kemampuan dasar yang mutlak harus dimiliki oleh setiap guru  atau calon guru.

Buku ini terdiri dari 11 bab yang masing-masiang bab dijabarkan  ke dalam sub bab. Dalam buku ini berisi tentang  konsep dasar , prinsip-prinsip serta prosedur dalam evaluasi pembelajaran. Selain itu, dikemukakan pula berbagai macam teknik-teknik  mengevaluasi baik melalui instrument tes maupun non tes. Selain teknik dalam mengevaluasi juga terdapat. teknik mengolah hasil evaluasi.

Buku ini memiliki perbedaan dengan buku evaluasi pembelajaran yang lain. Selain memberikan teori yang sangat lengkap dan detail juga dilengkapi pula dengan contoh-contoh yang siap untuk diaplikasikan ke dalam dunia pendidikan. Sementara dari kejelasan tulisannya cukup dan tidak terlalu kecil. Sedangkan dari segi bahasa cukup mudah dipahami. Sehingga bagi orang yang baru mulai belajar seperti mahasiswa tidak akan menemui kendala yang serius.

Selain beberapa keunggulan di atas juga terdapat kelemahan yaitu dalam hal sampul. Desain sampul yang digunakan terlihat abstrak . Selain itu juga kurang mencerminkan suatu kegiatan evaluasi pembelajaran.

Dengan demikian, begitu pentingnya evaluasi pembelajaran dalam dunia pendidikan, menjadikan buku ini patut dipilih oleh para guru mapun calon guru. Dengan mempelajari buku ini diharapkan para pembaca memiliki pengetahuan serta metode dan teknik dalam evaluasi pembelajaran.

0 Komentar:

Posting Komentar