Judul
buku : Evaluasi Pembelajaran
Pengarang
: Drs. Zainal Arifin, M.Pd.
Penerbit :
PT Remaja Rosdakarya Bandung
Cetakan :
Maret 2012
Tebal :
312 halaman
Salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh guru
adalah evaluasi pembelajaran. Kompetensi
ini sejalan dengan tugas dan tanggung jawab guru dalam pembelajaran, yaitu
mengevaluasi pembelajaran termasuk di dalamnya
melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar. Kompetensi
tersebut sejalan pula dengan instrument
penilaian guru, yang salah satu indikatornya evaluasi pembelajaran. Maka dari itu, kemampuan melakukan evaluasi
pembelajaran merupakan kemampuan dasar
yang mutlak harus dimiliki oleh setiap guru
atau calon guru.
Buku ini terdiri dari 11 bab yang masing-masiang bab
dijabarkan ke dalam sub bab. Dalam buku
ini berisi tentang konsep dasar ,
prinsip-prinsip serta prosedur dalam evaluasi pembelajaran. Selain itu,
dikemukakan pula berbagai macam teknik-teknik
mengevaluasi baik melalui instrument tes maupun non tes. Selain teknik
dalam mengevaluasi juga terdapat. teknik mengolah hasil evaluasi.
Buku ini memiliki perbedaan dengan buku evaluasi
pembelajaran yang lain. Selain memberikan teori yang sangat lengkap dan detail
juga dilengkapi pula dengan contoh-contoh yang siap untuk diaplikasikan ke
dalam dunia pendidikan. Sementara dari kejelasan tulisannya cukup dan tidak
terlalu kecil. Sedangkan dari segi bahasa cukup mudah dipahami. Sehingga bagi
orang yang baru mulai belajar seperti mahasiswa tidak akan menemui kendala yang
serius.
Selain beberapa keunggulan di atas juga terdapat
kelemahan yaitu dalam hal sampul. Desain sampul yang digunakan terlihat abstrak
. Selain itu juga kurang mencerminkan suatu kegiatan evaluasi pembelajaran.
Dengan demikian, begitu pentingnya evaluasi
pembelajaran dalam dunia pendidikan, menjadikan buku ini patut dipilih oleh
para guru mapun calon guru. Dengan mempelajari buku ini diharapkan para pembaca
memiliki pengetahuan serta metode dan teknik dalam evaluasi pembelajaran.
0 Komentar:
Posting Komentar