Minggu, 30 Desember 2012 | By: kurniawan

Marilah Kita Bangun Bangsa Ini dengan Berpedoman pada Pancasila


Oleh : Kurniawan Dwi A

Kemajuan zaman yang terjadi saat ini menjadi tantangan dan sekaligus peluang bagi masyarakat untuk membangun kualitas kehidupan yang lebih baik. Kehidupan modern dengan teknologi yang semakin berkembang dapat memudahkan masyarakat dalam beraktifitas. Keadaan seperti itu dapat menjadikan kehidupan masyarakat lebih sejahtera dan berkualitas.

Namun, pada kenyataannya tidak seperti yang kita pikirkan, perilaku masyarakat sekarang terutama perilaku remaja dan anak-anak justru sangat menghawatirkan. Dengan kemajuan zaman tersebut, seharusnya dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik tetapi masih melahirkan persoalan kehidupan yang sangat rumit.

Kondisi perilaku masyarakat yang sangat mengkhawatirkan tersebut terjadi karena Pancasila sebagai wujud dari cita-cita bangsa Indonesia semakin ditinggalkan. Maka dari itu perlu upaya dalam rangka merevitalisasi atau membangun kembali karakter bangsa yang berpedoman pada nilai-nilai Pancasila. Untuk itu, mulai dari sekarang marilah kita ikut mendukung Pancasila sebagai pedoman dalam memmbangun bangsa ini.

Upaya yang dapat kita lakukan dapat kita mulai dari seputar kehidupan kita sehari-hari. Lakukanlah dari hal yang sederhana yaitu misalnya mematuhi norma atau peraturan yang berlaku serta berbuat baik dan saling tolong menolong antar sesama. Apabila hal tersebut dilakukan oleh semua masyarakat Indonesia, maka akan terjalin persatuan antar yang menjadikan bangsa Indonesia. Apabila bangsa Indonesia sudah bersatu maka akan menjadi bangsa yang kuat dan niscaya bukan tidak mungkin bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani di mata dunia.

0 Komentar:

Posting Komentar