Senin, 17 Desember 2012 | By: kurniawan

Pro Kontra Internet


Oleh: Kurniawan Dwi A


  Internet telah menjadi fenomena di masa sekarang. Hal ini beralasan karena, internet mampu melakukan apa saja termasuk saling mengirim pesan atau ungkapan, video, dll . Selain itu hampir semua informasi yang kita cari dapat dengan mudah ditemukan lewat internet. Dengan semakin banyaknya orang Indonesia yang menggunakan internet tentunya dapat menimbulkan berbagai dampak bagi penggunanya baik positif maupun negatif  hingga menimbulkan suatu pro dan  kontra.


   Dilihat dari aspek pendidikan. Internet merupakan sarana yang bagus sebagai media pembelajaran. Namun di sisi lain internet juga bisa mendidik seseorang menjadi pemalas. Hal ini beralasan karena sering kali para pelajar atau mahasiswa sering hanya mengopi data yang ada di internet ketika mengerjakan tugas.

    Sementara itu dari aspek ekonomi internet juga mampu sebagai sarana iklan tentunya bagi para pengguna. Selain itu dengan adanya internet maka secara tidak langsung menyuburkan bisnis warnet atau warung internet. Pada aspek moral dapat kita ketahui bagi pengguna internet yang tidak mampu mengendalikan diri bias berakibat negatif. Seperti halnya untuk membuka situs-situs porno hingga melakukan pembajakan dengan mendownload program atau aplikasi yang tersedia secara illegal.

   Setelah kita melihat dampak yang timbul dari penggunaan internet ternyata  internet memang dibutuhkan di masa kini karena internet merupakan suatu wujud dari perkembangan zaman. Namun dalam menggunakan internet seharusnya senantiasa taat pada undang-undang internet dan sesuai norma yang berlaku.

0 Komentar:

Posting Komentar