Senin, 17 Desember 2012 | By: kurniawan

Korupsi dan Budaya Masyarakat Indonesia


Oleh: Kurniawan Dwi A



Sebelum mencoba mencari penyebabnya, kita lihat terlebih dahulu arti dari budaya itu sendiri. Budaya yaitu suatu hasil dari cipta, rasa dan karsa manusia yang diterapkan secara berulang-ulang oleh sekumpulan orang atau masyarakat tertentu. Berangkat dari pengertian tersebut dapat kita ketahui adanya hubungan antara budaya dan masyarakat. Dengan demikian, tentunya hal itu juga berlaku pula untuk korupsi yaitu budaya yang lahir dari masyarakat.

Korupsi merupakan suatu penyakit bangsa Indonesia yang sampai saat ini masih sulit untuk diberantas dan telah membudaya saat ini. Betapa tidak, dari segala aspek kehidupan di negeri ini tak bisa lepas dari korupsi. Dari mulai pejabat hingga kaum melarat pun ikut-ikutan berkorupsi ria. Semua itu dilakukan untuk satu tujuan yaitu mencari pundi-pundi uang.

Melihat kenyataan yang ada, tidaklah sedikit para pejabat sekarang melakukan tindakan korupsi. Tentunya, kita perlu mengingat bahwa pejabat sendiri juga merupakan bagian dari anggota masyarakat. Apabila seorang pejabat atau pemimpin melakukan hal tersebut tentu rakyat di bawahnya juga mengikuti apa yang dilakukan pemimpinnya. Inilah yang menjadikan korupsi ini menjadi budaya di masyarakat sekarang.

Agar bangsa ini tidak semakin tenggelam, tentu kita harus berupaya untuk segera memutus mata rantai korupsi. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan merubah atau menata ulang sistem yang ada di negeri ini, terutama pemimpin, pendidikan, serta orang tua dan lingkungan. Pemimpin harus mengubah pola pikirnya agar tidak lebih mementingkan kesejahteraan diri sendiri. Untuk mencegah sejak dini, dapat dilakukan melalui pendidikan yaitu dengan tidak hanya memberikan pengetahuan kognitif tapi juga membentuk moral yang baik. Dan kedua hal tersebut akan berjalan dengan baik dan lancer apabila orang tua dan lingkungan mendukung adanya perubahan tersebut. Dengan melakukan upaya-upaya tersebut diharapkan dapat merubah pola pikir masyarakat sehingga mampu mewujudkan masyarakat Indonesia yang madani dan bersih dari budaya korupsi.

0 Komentar:

Posting Komentar