Rabu, 26 Desember 2012 | By: kurniawan

Anak Hiperaktif ≠ Anak Nakal

Oleh: Kurniawan Dwi A


Tuhan menciptakan manusia dengan beraneka ragam. Di antara manusia yang diciptakan tersebut, ada yang diciptakan dengan memiliki sifat hiperaktif.  Anak hiperaktif umumnya agresif, penuh semangat, tidak dapat tenang, sulit diajar, dan tidak tahan lama melakukan satu aktivitas. Selain itu, biasanya juga sulit bergaul dengan teman sebaya, tidak mampu menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, dan juga sulit menaati perintah orangtua dan guru. Anak hiperaktif umumnya mengalami masalah emosi, suka bermabuk-mabukan atau melakukan pelanggaran hukum ketika anak tersebut telah menginjak dewasa. Sebenarnya keaktifan tersebut tidak mereka inginkan. Namun, mereka sulit untuk duduk dengan tenang dan memperlambat gerakan mereka karena mereka didorong oleh suatu kekuatan yang sulit dijelaskan, dan sulit diubah.

Anak yang hiperaktif juga cenderung tidak bisa diam dan suka mengganggu teman disekitarnya. Sifat anak yang seperti itu mengakibatkan orang merasa capai sendiri melihat tingkah polah anak hiperaktif. Apalagi, orang tua atau keluarga si anak yang setiap saat menyaksikan perilaku anak yang tidak dapat diam dan cenderung merusak ini. Terkadang sikap anak ini  membahayakan bagi dirinya sendiri maupun orang di dekatnya. Keadaan tersebut membuat sebagian orang tua melabeli anak tersebut dengan sebutan anak nakal.


Namun, anak hiperaktif sebenarnya memiliki potensi yang tidak dimiliki orang lain. Hanya saja, kebanyakan orang tua  tidak mengetahui cara menangani dan memunculkan potensi dari anak hiperaktif tersebut. Pada dasarnya untuk mendidik anak hiperaktif membutuhkan cara khusus dan kesabaran agar bisa menjadi anak yang diharapkan orang tua. Untuk menangani anak hiperaktif upaya yang perlu dilakukan orang tua adalah penggunaan obat, hindarkan anak dari pemanjaan, menciptakan lingkungan yang tenang, memilih acara televisi dengan hati-hati, dan mengajak anak untuk selalu mendekatkan diri pada Tuhan.

0 Komentar:

Posting Komentar