Rabu, 16 Oktober 2013 | By: kurniawan

Pembahasan Soal. IPS 5_BAB 1 (Materi 1.1. Peninggalan Sejarah Hindu, Budha, dan Islam di Indonesia)

A. Pilihlah Jawaban yang paling tepat!
1. Jawaban: b. Kutai
Pembahasan:
Kutai adalah kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Kerajaan Kutai didirikan sekitar tahun 400 masehi. Letaknya di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.
2. Jawaban: d. Penataran
Candi Penataran merupakan Candi peninggalan kerjaan Kediri pada abad ke-12. Candi ini terletak di Blitar, Jawa Timur. Sementara itu, Borobudur , mendut, dan Kalasan merupakan candi peninggalan Budha


 
3. Jawaban: a. Kutai
Pembahasan:
Gambar di samping merupakan prasasti Batu Yupa yang merupakan peninggalan kerajaan Kutai. Kutai adalah kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Kerajaan Kutai didirikan sekitar tahun 400 masehi. Letaknya di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

4. Jawaban: a. Ngaben
Pembahasan:
Ngaben merupakan upacara pembakaran mayat di Bali. Upacara ini merupakan warisan peninggalan dari agama Hindu. Dalam tradisi Ngaben, jenazah  dibakar beserta sejumlah benda berharga yang dimiliki orang yang dibakar.
5. Jawaban: a. Raden Wijaya
Pembahasan:
Raden Wijaya merupakan pendiri sekaligus raja pertama kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit idirikan oleh Raden Wijaya tahun 1294, yang bergelar Kertarajasa  Jayawardhana
6. Jawaban: d. Balaputradewa
Pembahasan:
Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaan pada masa pemerintahan Balaputradewa. Pada masa ini, kerajaan Sriwijaya menjadi pusat perdagangan maritim. Selain itu, kerajaan Sriwijaya juga mempunyai armada laut yang kuat. Situasi yang aman bagi pelayaran membuat banyak kapal asing singgah di pelabuhan Sriwijaya.
7. Jawaban: a. Mataram lama
Pembahasan:
Candi Borobudur merupakan peninggalan dari kerajaan Mataram lama tepatnya Mataram Budha. Candi ini terletak di daerah Magelang, Jawa Tengah dan dibangun pada tahun 770-842 M. Candi ini dibangun pada masa dinasti Syailendra.
8. Jawaban: b. Kaligrafi
Pembahasan:
Kaligrafi adalah tulisan indah dalam huruf Arab. Tulisan tersebut biasanya diambil dari ayat-ayat suci Al Quran. Kaligrafi digunakan sebagai hiasan dinding masjid, batu nisan, gapura masjid dan gapura pemakaman.
9. Jawaban: d. Sultan Hasanudin
Pembahasan:
Pada masa pemerintahan Sultan Hasanudin, Kerajaan Gowa-Tallo mengalami masa kejayaan. Sultan Hasanudin telah berhasil menguasai hampir seluruh wilayah Sulawesi Selatan. Cita-cita Sultan Hasanuddin untuk menguasai sepenuhnya jalur perdagangan Nusantara, mendorong perluasan kekuasannya ke kepulauan Nusa Tenggara, seperti Sumbawa dan sebagian Flores. Dengan demikian, seluruh aktivitas pelayaran perdagangan yang melalui Laut Flores harus singgah lebih dulu di Makasar sebagai pusat pemerintahan.
10. Jawaban: c. Yogyakarta
Pembahasan:
 Sekaten merupakan perayaan peringatan Maulid Nabi Muhammad Muhamad SAW. Peringatan ini dilaksanakan tiap bulan Rabiul Awal (penanggalan Arab) atau Mulud (penanggalan Jawa). Peringatan ini terdapat di daerah Yogyakarta, Surakarta, dan Cirebon. Awal mulanya peringatan ini adalah dipakai oleh Sultan Hamengku Buwono I, pendiri Keraton Yogyakarta untuk mengundang masyarakat mengikuti dan memeluk agama Islam. Puncak acara sekaten adalah dengan acara grebeg sekaten yaitu di mana terdapat dua buah gunungan yang diperebutkan masyarakat. Hal ini dikarenakan gunungan tersebut merupakan lambang kesejahteraan dan kemakmuran, sehingga beberapa masyarakat percaya gunungan itu mendatangkan berkah. Gunungan berisi hasil bumi terutama pertanian, seperti: padi, buah, dan sayuran. 

B. Isilah titik-titik dibawah ini!
1. Daerah sungai Citarum, Jawa Barat
Pembahasan:
Letak Kerajaan Taruma Negara
2. Ken Arok
Pembahasan:
Ken Arok merupakan pendiri sekaligus raja pertama kerajaan Singosari. Masa pemerintahannya tahun 1222-1227 M.
3. Ramayana
Pembahasan:
Pada dinding candi Prambanan terdapat relief yang menceritakan tentang kisah Ramayana. Kisah dalam Ramayana mengisahkan tentang Rama, Sinta, Rahwana, Anoman, dan Burung Jatayu.

4. Sumpah Palapa
Pembahasan:
Patih Gajah Mada mengucapkan sumpah yang bernama sumpah Palapa. Dalam sumpah ini, Gajah Mada bercita-cita untuk menyatukan seluruh Nusantara di bawah kekuasaan Majapahit.
5. Sungai Musi
Pembahasan:
Kerajaan Sriwijaya terletak di muara sungai Musi. Karena letaknya yang strategis, membuat kerajaan Sriwijaya menjadi pusat perdagangan Maritim.
6. Sutasoma
Pembahasan:
Tulisan Bhineka Tunggal Ika terdapat pada kitab Sutasoma karangan Empu Tantular. Tulisan tersebut kini menjadi bagian dari lambang negara Indonesia. Sedangkan Bhineka Tunggal Ika sendiri berarti walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Artinya walaupun bangsa ini berasal dari berbagai macam suku, tetapi kita tetap satu Indonesia.
7. Budha
Pembahasan:
Candi Borobudur merupakan candi peninggalan agama Budha tepatnya peninggalan kerajaan Mataram Budha di Jawa Tengah.
8. Samudra Pasai
Pembahasan:
Kerajaan Islam tertua di Indonesia adalah kerajaan Samudra Pasai. Keraajaan ini terletak di Aceh Raja pertama yang memerintah adalah Sultan Malik as-Saleh, Sultan Muhammad yang bergelar Malik Al-Tahir (1297-1326) Berdirinya kerajaan ini sebagai dampak dari masuknya para pedagang dari Timur Tengah ke wilayah Aceh dan sekaligus melakukan memperkenalkan agama Islam.
9. Wali Songo
Pembahasan:
Wali songo menyuruh kerajaan Demak untuk membangun masjid Agung Demak. Wali songo sendiri merupakan sembilan tokoh Islam yang menyebarkan Islam di  pulau Jawa. Salah satu wali songo yang memimpin pembangunan masjid ini adalah Sunan Kalijaga.

 10. Maulid Nabi Muhammad SAW
Pembahasan:
Perayaan sekaten merupaka tradisi yang diselenggarakan dalam rangka memperingati tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW. Selain itu, tradisi ini merupakan upaya syiar penyebaran Islam di Jawa.

C. Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Macam-macam bentuk peninggalan Hindu di Indonesia
a. Candi
b. Prasasti
c. Kitab
d. Patung
e. Tradisi
2. Lima candi yang bercorak Budha
a. Borobudur
b. Pawon
c. Mendut
d. Sari
e. Plaosan
3. Kemunduran Kerajaan  Majapahit disebabkan oleh adanya perang Paregreg (perang saudara) yang memperebutkan kekuasan. Wilayah kekuasaan Majapahit saling melepaskan diri. Selain itu, berdirinya kerajaan Demak di pantai utara Jawa memperlemah posisi kerajaan Majapahit.
4. Prasasti adalah benda peninggalan sejarah yang berisi tulisan dari masa lampau. Tulisan itu dicatat di atas batu, logam, tanah liat, dan tanduk binatang. Prasasti  peninggalan Hindu ditulis dengan huruf Pallawa dan berbahasa Sansekerta. Prasasti tertua adalah Prasasti Yupa, dibuat sekitar tahun 350-400 M. Prasasti Yupa berasal dari Kerajaan Kutai.
5. Macam-macam peninggalan agama Islam di Indonesia
a. Masjid
b. Kaligrafi
c. Keraton atau Istana
d. Kitab
e. Pesantren
f. Tradisi

0 Komentar:

Posting Komentar