Sabtu, 12 Oktober 2013 | By: kurniawan

BAB 1. MENDENGARKAN_ Memahami Penjelasan Narasumber dan Cerita Rakyat secara Lisan (Bagian 1)




Materi 1.1
Menanggapi Penjelasan Narasumber

Saat kamu menanggapi penjelasan yang diberikan seorang narasumber, kamu harus memperhatikan bahasa yang sopan. Catatlah semua penjelasan yang telah diberikan narasumber. Saat memberikan tanggapan, perhatikan keterkaitan tanggapan yang kamu berikan dengan keterangan narasumber.
Kata Kunci: Mendengarkan – Mencatat – Bertanya – Menanggapi
Contoh:
Pada hari libur kemarin, Intan tinggal di rumah pamannya selama satu minggu. Paman Intan bernama Danu, ketua kelompok tani di desanya. Pada suatu hari, Intan bertanya, ”Paman, mengapa petani di sini menanam padi? Mengapa tidak menanam buah atau sayuran?” Pertanyaan Intan tersebut mendapat penjelasan dari pamannya. Penjelasan itu adalah sebagai berikut

Hal-hal apa yang dijelaskan oleh Paman Danu? Simaklah uraian berikut!
1. Mencatat Pokok-Pokok Pikiran
Kamu telah mendengarkan penjelasan di atas dengan baik, bukan? Ayo, sekarang kita catat pokok-pokok pikiran dari wawancara tersebut

 
2. Mengajukan Pertanyaan
         Ketika mendengarkan penjelasan dari narasumber, belum tentu semua yang disampaikannya dapat kita pahami. Jika merasa tidak memahami atau belum jelas, kita harus bertanya. Bertanyalah sesuai dengan pokok-pokok pikiran dan sampaikanlah pertanyaanmu dengan singkat namun jelas!
Dalam membuat pertanyaan harus memperhatikan hal berikut
a. Kalimat tanya dengan kata tanya mengapa jawabannya menyatakan alasan. Alasan tersebut ditandai oleh adanya kata karena dalam kalimat jawab
b. Kalimat tanya dengan kata tanya bagaimana jawabannya berupa penjelasan tentang cara melakukan sesuatu.
3. Menanggapi Isi Penjelasan
     Menanggapi penjelasan tidak boleh menyimpang dari pokok pikiran. Tanggapan yang berupa sanggahan atau pendapat sebaiknya disertai alasan yang masuk akal (logis). Berdasarkan penjelasan Paman Danu di atas, kita dapat memberikan tanggapan seperti berikut.
a. Tanggapan berupa pertanyaan
Di dataran tinggi atau pegunungan susah untuk melakukan pengairan. Bagaimana caranya agar masyarakat di sana dapat menanam padi?
b. Tanggapan berupa saran
Sebaiknya petani di sini juga menanam sayuran meskipun musim penghujan, karena tidak semua sawah tergenang air. Sawah yang tidak tergenang air itutentu bagus ditanami sayuran.
c. Tanggapan berupa pendapat atau pandangan
Menurut pendapat saya, padi juga dapat ditanam pada musim kemarau. Yang penting bukan musimnya, melainkan pengairannya. Meskipun pada musim kemarau, jika pengairannya bagus, padi dapat tumbuh subur.
 
LATIHAN SOAL -----> Klik di sini
 
DAFTAR PUSTAKA
Suyatno, dkk. 2008. Indahnya Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk SD/MI Kelas V. 
       Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas

0 Komentar:

Posting Komentar